YUK BELAJAR POLA DAN JARAK TANAM KEBUN DURIAN - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Yuk, Belajar Pola dan Jarak Tanam Kebun Durian!

YUK BELAJAR POLA DAN JARAK TANAM KEBUN DURIAN - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Yuk, Belajar Pola dan Jarak Tanam Kebun Durian!

Buah durian menjadi salah satu buah favorit untuk ditanam di pekarangan atau kebun. Penggemarnya yang terus bertambah menjadikan peluang pasarnya makin lebar. Anda pun bisa menjadikannya pilihan tepat untuk kebun tercinta.

Nah, sebelum mulai berkebun, Anda perlu belajar bagaimana mengatur pola dan jarak tanam kebun agar pertumbuhan pohon durian dapat maksimal. Berikut ini adalah tips pola dan jarak tanam kebun durian, dikutip dari situs Balitbu Tropika:

1.Kebun durian dapat menggunakan pola tanam monokultur, yaitu satu kebun hanya ditanami buah durian, atau menanam secara campuran (mix farming) dengan tanaman sela atau tumpang sari. Pohon durian juga bisa sebagai naungan untuk tanaman kopi atau kakao.

2.Pilihan pola tanam ini berkaitan dengan penentuan jarak tanam. Pada pola tanam monokultur jarak tanam bisa dibuat lebih rapat, sedangkan mix farming dibuat lebih lebar. Pengaturan ini untuk mengatur jumlah tanaman agar tercapai kondisi optimum tanaman sehingga pada umur produktif tajuk tanaman (keseluruhan bagian tumbuhan yang berada di atas permukaan tanah dan menempel pada batang utama) tidak saling menutupi.

3.Jarak tanam disusun segi empat atau segitiga sesuai karakter tajuk tanaman. Jarak tanam umumnya bervariasi 10×10 m s/d 12×12 m. Tanaman dengan tajuk tipe tegak (tabung dan kerucut menyempit) jarak tanamnya relatif lebih sempit. Tanaman dengan tajuk tipe melebar (payung dan kerucut melebar) jarak tanam relatif lebih lebar.

4.Jika pohon durian digunakan sebagai tanaman naungan utuk tanaman kopi atau kakao, jarak tanam dibuat lebih lebar, misalnya 15×15 m.

5.Barisan tanaman ditentukan berdasarkan arah kontur lahan. Pada lahan yang miring, jarak tanam dalam barisan dibuat lebih rapat. Pada lahan yang berlereng, lahan dibuat teras terlebih dahulu sesuai dengan arah kontur. Lebar dataran pada kontur dibuat sesuai dengan kemiringan lahan, semakin tinggi derajad kemiringan maka lebar bagian yang datar semakin sempit. Pada bagian atas setiap teras dibuat parit dan pada bagian bakal lubang tanam tanahnya dibuat lebih tinggi agar drainase berjalan dengan baik. Untuk menghindari erosi pada permukaan lahan yang berlereng, setiap dinding teras dapat ditanami rumput.

Tidak mau ribet? Ayo, bergabung saja bersama Bukit Durian Purwakarta Istimewa. Anda akan mendapatkan lokasi kebun durian yang tepat, bibit durian unggulan dan pendampingan dari para pakar berpengalaman.

Hubungi Kami melalui telepon 0812-8813-2124 atau email ksp.durianmaster@gmail.com          

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *