TANGGUNG JAWAB DEVELOPER KEPADA KONSUMEN - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Tanggung Jawab Developer kepada Konsumen

TANGGUNG JAWAB DEVELOPER KEPADA KONSUMEN - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Tanggung Jawab Developer kepada Konsumen

Transaksi jual beli properti atau lahan akan berjalan baik dan menguntungkan jika masing-masing pihak, baik developer maupun konsumen, mengerti dan menjalankan hak dan kewajibannya. Developer yang baik harus berkomitmen pada tanggung jawab yang sudah diamanahkan oleh konsumen.

Selain kewajiban, pihak pelaku usaha dalam hal ini developer juga memiliki tanggung jawab (product liability). Secara umum prinsip-prinsip tanggung jawab dalam hukum terdiri dari:

1.Prinsip tanggung jawab berdasarkan kesalahan (liability based on fault), yaitu prinsip yang menyatakan bahwa seseorang baru dapat diminta pertanggungjawabannya secara hukum jika ada unsur kesalahan yang dilakukannya.

2.Prinsip praduga untuk selalu bertanggung jawab (presumption of liability), yaitu prinsip yang menyatakan tergugat selalu dianggap bertanggung jawab sampai ia dapat membuktikan bahwa ia tidak bersalah, dimana beban pembuktian ada pada tergugat.

3.Prinsip praduga untuk tidak selalu bertanggung jawab (presumption of nonliability), yaitu kebalikan dari prinsip praduga untuk selalu  bertanggung jawab, dimana tergugat selalu dianggap tidak bertanggung jawab sampai dibuktikan bahwa ia bersalah.

4.Prinsip tanggung jawab mutlak (strict liability), yaitu prinsip yang menetapkan kesalahan tidak sebagai faktor yang menentukan, namun ada pengecualian-pengecualian yang memungkinkan untuk dibebaskan dari tanggung jawab.

5.Prinsip tanggung jawab dengan pembatasan (limitation of liability), yaitu pelaku usaha tidak boleh secara sepihak menentukan klausul yang merugikan konsumen, termasuk membatasi maksimal tanggung jawabnya. Jika ada pembatasan maka harus berdasarkan pada perundang-undangan yang berlaku.

Tanggung  jawab  pelaku  usaha  (developer) atas  kerugian  konsumen  diatur   khusus dalam Bab IV, mulai dari Pasal 19 sampai dengan Pasal 28 Undang-Undang Perlindungan Konsumen. Dikutip dari Pasal 19 ayat (1), dapat diketahui  tanggung jawab pelaku usaha meliputi:

  1. Tanggung jawab ganti kerugian atas kerusakan.
  2. Tanggung jawab ganti kerugian atas pencemaran.
  3. Tanggung jawab ganti kerugian atas kerugian konsumen.

Masih pilih-pilih developer terpercaya? Ayo, bergabung saja dengan Bukit Durian Purwakarta Istimewa! Perusahaan Kami terjamin legalitas, kualitas dan produktifitasnya. Terbukti dari beberapa konsumen Kami yang sudah menerima haknya sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Segera Hubungi Kami melalui telepon 0812-8813-2124 atau email ksp.durianmaster@gmail.com

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *