KESALAHAN BERKEBUN YANG SERING DILAKUKAN PEMULA (BAGIAN 1) - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Kesalahan Berkebun yang Sering Dilakukan Pemula (Bagian 1)

KESALAHAN BERKEBUN YANG SERING DILAKUKAN PEMULA (BAGIAN 1) - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Kesalahan Berkebun yang Sering Dilakukan Pemula (Bagian 1)

Kegiatan berkebun saat ini sedang naik daun sebagai sebuah hobi terutama di kalangan masyarakat perkotaan. Hal ini juga berkaitan erat dengan gaya hidup sehat yang semakin  meningkat. Masyarakat percaya jika kebutuhan bahan makanan yang segar dan minim kontaminasi zat kimia serta aktifitas olah raga yang bisa didapatkan dari berkebun akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Banyak diantaranya yang mulai berkebun sayur dan buah pekarangan rumahnya yang mungkin tidak terlalu luas. Bagi yang memiliki dana lebih, mereka akan membeli tanah kebun yang lebih luas.

Namun sayangnya, geliat berkebun tersebut kadang tidak disertai dengan pengetahuan yang cukup sehingga hasil panen tidak optimal. Berikut ini adalah kesalahan yang biasanya dilakukan oleh pemula, dirangkum dari berbagai sumber.

1.Tidak melakukan penelitian sebelumnya.

Penelitian ini berkaitan dengan semua informasi tentang tanaman yang akan ditanam, misalnya kebutuhan nutrisi, sinar matahari dan air, jenis tanah yang cocok, sampai seberapa besar ruang yang diperlukan agar tumbuh optimal.

2.Tidak mempersiapkan lahan media tanam.

Tidak semua jenis tanah cocok untuk berkebun. Tanah yang bagus untuk berkebun memiliki beberapa indikator, misalnya nilai pH dan ketersediaan unsur hara. Jadi pastikan Anda mempersiapkan tanah/lahan yang sesuai.

3.Tidak memperhatikan cahaya matahari.

Pastikan tanaman mendapatkan sinar matahari yang cukup. Banyak pemula yang tidak memperhatikan kebutuhan sinar matahari tanamannya, padahal setiap tanaman memiliki kebutuhan cahaya matahari yang berbeda. Tanaman yang kekurangan cahaya matahari akan kesulitan membuat makanannya.

4.Tidak memberi jarak pada tanaman.

Terkadang pemula meletakkan banyak benih dalam satu lubang yang sama. Hal ini akan membuat tanaman berebut nutrisi, air, sinar matahari dan tempat untuk tumbuh. Buatlah jarak tanaman yang cukup.

5.Tanah yang tidak sehat.

Untuk mengecek kesehatan tanah diperlukan peralatan tambahan seperti alat pengukur tingkat keasaman tanah atau pengukur tingkat nutrisi tanah. Atau, bisa juga dengan membuat tanah selalu gembur dan memiliki penyerapan tanah yang baik. Cara lain dengan mencoba meletakkan satu benih. Apakah akan tumbuh kecambah dalam beberapa hari

Yuk berkebun cerdas bersama Bukit Durian Purwakarta Istimewa! Anda akan mendapatkan lokasi kebun durian yang tepat, bibit durian unggulan dan pendampingan dari para pakar berpengalaman. Hubungi Kami melalui telepon 0812-8813-2124 atau email ksp.durianmaster@gmail.com            

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *