BAGAIMANA CARA MENGGUGAT PENGEMBANG NAKAL - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Bagaimana Cara Menggugat Pengembang Nakal?

BAGAIMANA CARA MENGGUGAT PENGEMBANG NAKAL - BUKIT DURIAN PURWAKARTA ISTIMEWA

Bagaimana Cara Menggugat Pengembang Nakal?

Kasus penipuan pembelian produk properti kembali terdengar akhir-akhir ini. Mulai dari proyek yang mangkrak, uang konsumen yang dibawa kabur pengembang, hingga produk yang tidak sesuai dengan janji yang ditawarkan.

Nah, bagaimana cara konsumen menggugat pengembang yang ingkar janji? Berikut ini adalah jalur hukum yang bisa ditempuh, dikutip dari situs Rumah.com.

1.Jalur Perdata

Jalur ini bisa ditempuh jika konsumen menginginkan uangnya kembali meskipun kemungkinan tidak sampai 100%. Terlebih dulu konsumen memberikan somasi kepada pengembang, lalu mengajukan kasusnya ke Pengadilan Negeri setempat. Somasi merupakan peringatan atau teguran agar debitur berprestasi pada suatu saat yang ditentukan dalam surat somasi. Somasi juga diatur dalam Pasal 1238 KUHPer yang menyatakan:

“Si berutang adalah lalai, apabila ia dengan surat perintah atau dengan sebuah akta sejenis itu telah dinyatakan lalai, atau demi perikatannya sendiri, ialah jika ini menetapkan, bahwa si berutang harus dianggap lalai dengan lewatnya waktu yg ditentukan.”

2.Jalur Pidana

Untuk jalur hukum pidana, konsumen bisa mengadukannya ke kantor kepolisian dengan tuduhan penipuan. Konsumen harus mengumpulkan bukti-bukti tertulis yang akurat, dan menjadikan salah satu staf pengembang sebagai saksi dari kasus ini.

Konsumen dapat melaporkan pengembang dengan tuduhan melanggar Pasal 8 ayat (1) huruf f Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UU Konsumen”). Pasal ini berbunyi,

“Pelaku usaha dilarang memproduksi dan/atau memperdagangkan barang dan/atau jasa yang tidak sesuai dengan janji yang dinyatakan dalam label, etiket, keterangan, iklan atau promosi penjualan barang dan/atau jasa tersebut.”

Bingung mencari pengembang yang legal dan aman? Ayo, bergabung saja dengan Bukit Durian Purwakarta Istimewa! Perusahaan Kami terjamin legalitas, kualitas dan produktifitasnya. Terbukti dari beberapa konsumen Kami yang sudah menerima haknya sesuai dengan waktu yang dijanjikan. Selain itu, status kepemilikan tanah di Bukit Durian Purwakarta adalah hak milik dan saat ini sedang dalam proses permohonan sertifikat di Kantor Pertanahan Kabupaten Purwakarta.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi Kami melalui telepon 0812-8813-2124 atau email ksp.durianmaster@gmail.com           

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *