12 Jenis Buah Durian yang Terkenal di Indonesia (Bagian 2)

12 Jenis Buah Durian yang Terkenal di Indonesia (Bagian 2)

Musim durian menjadi musim yang dinantikan para pecintanya. Anda bisa menemukan buah ini hampir di setiap daerah. Anda bisa bebas memilih jenis durian favorit Anda. Bahkan saat ini ada beberapa sentra penjualan durian yang berjualan sepanjang waktu, tidak hanya saat musim durian tiba.

Tahukah Anda jika durian ternyata memiliki banyak jenis? Ya! Indonesia memiliki banyak jenis durian, tidak hanya yang sering Anda temukan atau nikmati. Bahkan Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang memiliki ragam durian terbanyak. 

Berikut ini adalah jenis-jenis durian yang asli dari Indonesia.

  • Durian Kromo

Durian kromo sebenarnya adalah nama yang disematkan kepada penemunya, Haji Saiman Nursoim yang lebih dikenal dengan Mbah Kromo. Pohon durian ini ditemukan di pekarangannya di Desa Karangsalam, Kecamatan Kemranjen, Banyumas pada tahun 1985. Durian ini memiliki buah cukup besar, tebal dan rasa yang enak. Durian kromo sudah tersertifikasi dan diakui sebagai plasma nutfah asli Banyumas. Ia bersanding sepadan dengan durian montong yang berasal dari Thailand,  meski konon, berinduk di Indonesia.

  • Durian Montong

Durian satu ini adalah jenis durian yang paling terkenal di Indonesia. Bahkan untuk satu biji dengan balutan daging di atasnya saja, dijual dengan harga yang cukup mahal jika dikurskan dalam Rupiah. Buah asli Kalimantan ini memiliki ciri khas dagingnya yang cukup besar dengan rasa manis dan juga beraroma harum ketika dibuka. Selain itu, ciri khas lainnya adalah bentuknya tidak bulat penuh, melainkan sedikit lonjong dengan tidak beraturan. Jika sudah siap petik, Durian Montong dapat memiliki berat kurang lebih 13 kilogram.

  • Durian Petruk

Dapat dikatakan bahwa Durian Petruk adalah gabungan antara Durian Montong dengan Durian Candimulyo, karena bentuknya yang lonjong dan rasanya yang manis dan sedikit pahit. Durian ini memiliki aroma yang tajam seperti Durian Montong. Buah durian asli Jepara, Jawa Tengah, ini merupakan salah satu durian bibit unggul yang banyak digemari para petani durian. Hal ini karena daging buahnya tidak lembek, tebal, dan bijinya kecil.

  • Durian Bawor

Jika Anda ingin membeli Durian Montong, maka harus mengetahui benar-benar ciri khasnya. Karena Anda dapat salah membeli di penjual yang mengatakan bahwa durian yang dijualnya adalah Durian Montong. Hal ini dikarenakan ada satu jenis durian yang memiliki kemiripan dengan Durian Montong, yaitu Durian Bawor yang berasal dari Banyuwangi, Jawa Timur. Durian ini memiliki buah yang manis, tebal dan bijinya relatif kecil. Durian Bawor sendiri memiliki 2 jenis, yaitu Durian Bhinneka Bawor yang merupakan hasil silangan dan Durian Bawor Berkaki Empat.

Tentu masih banyak lagi jenis durian selain di atas yang belum tercantum karena kurang begitu banyak didengar oleh masyarakat Indonesia. Durian mana favorit Anda?

Yuk, cicipi nikmatnya durian kupas dan aneka olahan durian lainnya hanya di CafĂ© Bukit Durian Purwakarta Istimewa! Segera hubungi Kami melalui telepon 0812-8813-2124 atau email ksp.durianmaster@gmail.com  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *